Sabtu, 03 Desember 2011

Pantai Losari

Pertama kali menginjakkan kaki dikota ini beberapa tahun lalu, dari pesawat sesaat sebelum mendarat, gw sempat mengira kota dibawah gw adalah surabaya. ga nyangka ada kota di luar jawa yang sudah padat dengan bangunan dan rumah2. Bicara ttg Kota Makassar, pastilah tidak luput dari salah satu icon kota ini yaitu pantai losari. semula gw mengira pantai ini dapat dijadikan tempat berenang seperti layaknya pantai kuta di Bali. nyatanya disini, pantainya hanya bisa dilihat dan sulit untuk digapai karena sudah ditanggul. posisinya tepat dipinggir jalan dan berseberangan dengan berbagai macam hotel. walaupun disana gw agak2 kecewa karena gagal menemukan pasir putih seperti yg gw bayangkan sebelumnya, tp Subhanallah, ada moment yang ga akan gw lupain. Sunset pertama gw! apalagi kl dilihat dari balkon hotel. tanpa perlu terhalang kita bs liat detik demi detik berlalu dengan sudut kemiringan matahari yang kian membenam di balik bumi.
Image Hosted by ImageShack.us
Sejauh mata memandang, di sepanjang pinggiran pantai, banyak banget motor2 diparkir di sela muda mudi yang tengah memadu kasih.  apalagi jika hari menjelang senja. Membaca pengakuan salah seorang tokoh MPR DPR asal Makasar di fajar.co.id, dahulunya pantai ini bahkan kerap digunakan untuk mandi karena kondisinya yang masih alami. namun saat ini, banyak pihak mulai digaet untuk ikut merevitalisasi pantai ini. Menurut sebuah artikel di kompas.com, kondisi fisik pantai saat ini sedang mengalami pencemaran. akibat sistem drainase kota makassar yang langsung terbuang ke laut, kandungan timbal (Pb) dan kadminium (Cd) sudah mulai mencemari. bahkan pencemaran bakteri e-coli jg sudah mulai mengancam kesehatan manusia. ditambah lagi dengan rusaknya ekosistem terumbu karang, lengkap sudah derita pencemaran air laut di losari. lainnya yang perlu dicermati, yaitu perubahan morfologi pantai. abrasi laut konon mengakibatkan fondasi tanggul menjadi bolong2 dan terancam jebol. selain itu pendangkalan laut sudah mulai menimbulkan adanya daratan baru di sepanjang pantai. weleh2… ternyata keindahan sunset yang gw liat, tidak seindah yang nasib pantai losarinya…
Image Hosted by ImageShack.us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar